Amputasi bisa di Hindari pada Luka di kaki Penderita Diabetes

Amputasi bisa di Hindari pada Luka di Kaki Penderita Diabetes.- Masalah luka pada penderita diabetes biasanya terjadi pada kaki penderita. Gejala awal yang menandai diabetes mulai menyerang kaki harus segera ditangani agar efek yang lebih besar bisa dihindari yaitu Amputasi. Luka pada kaki penderita diabetes walaupun masih merupakan luka kecil, harus disembuhkan dengan cepat. Luka kecil ini jika dibiarkan akan bertambah parah dan pada kondisi tertentu bisa menimbulkan bau dan dan busuk pada kaki.

Dokter Spesialis Luka, Dr Adisaputra Ramadhinara, mengatakan bahwa “resiko dari amputasi akan menimbulkan komplikasi penyakit  lainnya, jadi amputasi sebenarnya bukan penyelesaian final dalam menyembuhkannya”. Ada beberapa cara untuk mencegah atau menghindari amputasi pada luka di kaki penderita diabetes ini, Diantaranya :

  • Kurangi beban pada kaki yang terluka, tekanan pada kaki yang luka akan menambah parah karena luka susah untuk sembuh. Hal disebabkan ketika terjadi tekanan, luka pada kaki bisa kembali melebar sehingga luka basah kembali dan susah kering.
  • Perhatikan penggunaan alas kaki yang bergerigi. Alas kaki yang bergirigi biasanya digunakan untuk membuat aliran darah menjadi lancar. Berbeda dengan penderita diabetes, penggunaan alas kaki ini bisa menimbulkan luka pada kaki karena daya tahan kulit kaki sudah menurun.
  • Usahakan kaki dalam kondisi lembab. Saat kondisi panas, kulit kaki menjadi kering sehingga timbul rasa gatal dan kemerahan. Penggunaan bedak dingin untuk membantu melembabkan kaki.
  • Hati-hati ketika kaki terasa capek dan pegal, kadang kita merendam kaki dengan air hangat untuk menghilangkan rasa capek dan pegal. Kondisi ini bisa membuat kaki melepuh sehingga mengakibatkan luka bakar yang bisa berakibat fatal.

Luka di kaki pada penderita diabetes memang sulit disembuhkan, tapi dengan penanganan sejak dini dan tepat, resiko terakhir yaitu amputasi bisa dihidari. Mulai sekarang jaga selalu kesehatan diabetes yang sudah mengenai tubuh anda. Atasi segera dengan konsuksi obat herbal yang berbahan dasar alami mengkudu yang diyakini dari dulu sebagai penyembuh penyakit diabetes ini. Klik obatdiabetes.co.id dan dapatkan informasi yang bermanfaat seputar penyakit diabetes dan cara penyembuhannya.

Leave a comment